Rabu, 26 November 2014

PROPOSAL PENELITIAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR OLEH MAHASISWA (REVISI BAB 1)



BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa.  Kurikulum mempertegas bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran.  
Selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus, sekarang ini berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya. Sejalan dengan perkembangan internet, telah banyak aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, seperti e-Commerce, e-Banking, e-Government, e-Learning dan lainnya. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran adalah e-Learning. E-Learning adalah wujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk  sekolah maya. E-Learning merupakan usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet. 
Bagi para pengajar, internet dimanfaat dalam mengembangkan profesinya, karena dengan internet dapat meningkatkan pengetahuan, berbagi sumber diantara rekan sejawat, bekerjasama dengan pengajar di luar negeri, kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung, mengatur komunikasi secara teratur, dan berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun internasional. Di samping itu para pengajar juga dapat memanfaatkan internet sebagai sumber bahan mengajar dengan mengakses rencana pembelajaran atau silabus online dengan metodologi baru, mengakses materi kuliah yang cocok untuk mahasiswanya, serta dapat menyampaikan ide-idenya. Sementara itu mahasiswa juga dapat menggunakan internet untuk belajar sendiri secara cepat, sehingga akan meningkatkan dan memeperluas pengetahuan,
Harapan yang ingin didapatkan melalui penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana mahasiswa prodi Teknik Industri Universitas Gunadarma telah memanfaatkan teknologi internet sebagai sumber belajar yang mendukung proses belajarnya di bangku kuliah. Bagi mahasiswa, untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi internet sebagai sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya. Bagi program studi, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar. Bagi peneliti, sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi informasi sehingga dapat memperbaiki kemampuan dalam mengajar.

1.2       Perumusan Masalah
Untuk memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :
1.      Apakah internet telah dimanfaatkan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Industri untuk pembelajaran ?
2.      Alasan apa yang memotivasi mahasiswa prodi Teknik Industri memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
3.      Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat mahasiswa prodi Teknik Industri untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?

1.3       Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah sasaran yang ingin dicapai oleh penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
1.      Jumlah mahasiswa prodi Teknik Industri yang telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
2.      Alasan yang memotivasi mahasiswa prodi Teknik Industri memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
3.      Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa prodi Teknik Industri memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.

1.4       Pembatasan Penelitian
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran, namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa prodi Teknik Industri Teknologi Industri Universitas Gunadarma.

1.5       Metodologi Penelitian
Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei, yang dipakai untuk tujuan eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa prodi Teknik Industri FTI UG. Populasi dan wilayah generalisasi penelitian ini adalah mahasiswa prodi Teknik Industri FTI UG yang meliputi mahasiswa angkatan 2010, 2011, dan 2012. Sampel penelitian diambil secara proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang terkumpul akan dianalisis secara deskriptif dengan tabulasi dan persentase.

No.
Deskripsi Kegiatan
Bulan
1
2
3
4
5
1.
Kajian Literatur





2.
Membagi Kuisioner





3.
Mengumpulkan Kuisioner





4.
Pengolahan Data





5.
Analisis Data





6.
Pembuatan Dokumen Laporan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar