BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Seiring
dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar
mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen,
melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Kurikulum mempertegas bahwa proses
pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai
satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai
fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran.
Selain
sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus, sekarang ini
berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam
menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai
literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga
dapat mempermudah proses studinya. Sejalan dengan perkembangan internet, telah
banyak aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, seperti e-Commerce,
e-Banking, e-Government, e-Learning dan lainnya. Salah satu aktivitas yang
berkaitan dengan proses pembelajaran adalah e-Learning. E-Learning
adalah wujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam
bentuk sekolah maya. E-Learning
merupakan usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di
sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.
Bagi
para pengajar, internet dimanfaat dalam mengembangkan profesinya, karena dengan
internet dapat meningkatkan pengetahuan, berbagi sumber diantara rekan sejawat,
bekerjasama dengan pengajar di luar negeri, kesempatan mempublikasikan
informasi secara langsung, mengatur komunikasi secara teratur, dan berpartisipasi
dalam forum-forum lokal maupun internasional. Di samping itu para pengajar juga
dapat memanfaatkan internet sebagai sumber bahan mengajar dengan mengakses
rencana pembelajaran atau silabus online dengan metodologi baru, mengakses
materi kuliah yang cocok untuk mahasiswanya, serta dapat menyampaikan
ide-idenya. Sementara itu mahasiswa juga dapat menggunakan internet untuk
belajar sendiri secara cepat, sehingga akan meningkatkan dan memeperluas
pengetahuan,
Harapan
yang ingin didapatkan melalui penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana
mahasiswa prodi Teknik Industri Universitas Gunadarma telah memanfaatkan
teknologi internet sebagai sumber belajar yang mendukung proses belajarnya di
bangku kuliah. Bagi mahasiswa, untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi
internet sebagai sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya. Bagi
program studi, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program
kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar. Bagi peneliti, sebagai
dorongan untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi informasi sehingga dapat
memperbaiki kemampuan dalam mengajar.
1.2 Perumusan
Masalah
Untuk
memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan
sebagai berikut :
1.
Apakah internet telah dimanfaatkan oleh mahasiswa
Jurusan Teknik Industri untuk pembelajaran ?
2.
Alasan apa yang memotivasi mahasiswa prodi Teknik
Industri memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
3.
Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat
mahasiswa prodi Teknik Industri untuk memanfaatkan internet sebagai sumber
belajar ?
1.3 Tujuan
Penelitian
Tujuan
penelitian adalah sasaran yang ingin dicapai oleh penulis. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui :
1.
Jumlah mahasiswa prodi Teknik Industri yang telah
memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
2.
Alasan yang memotivasi mahasiswa prodi Teknik Industri memanfaatkan
internet sebagai sumber belajar.
3.
Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa
prodi Teknik Industri memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
1.4 Pembatasan
Penelitian
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber
belajar dalam proses pembelajaran, namun dalam penelitian ini hanya membatasi
pada masalah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa prodi Teknik
Industri Teknologi Industri Universitas Gunadarma.
1.5 Metodologi
Penelitian
Penelitian
ini menggunakan desain penelitian survei, yang dipakai untuk tujuan eksplorasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang pemanfaatan internet
sebagai sumber belajar oleh mahasiswa prodi Teknik Industri FTI UG. Populasi
dan wilayah generalisasi penelitian ini adalah mahasiswa prodi Teknik Industri
FTI UG yang meliputi mahasiswa angkatan 2010, 2011, dan 2012. Sampel penelitian
diambil secara proporsional random
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kuesioner. Data yang terkumpul akan dianalisis secara deskriptif dengan
tabulasi dan persentase.
No.
|
Deskripsi Kegiatan
|
Bulan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Kajian
Literatur
|
|||||
2.
|
Membagi
Kuisioner
|
|||||
3.
|
Mengumpulkan
Kuisioner
|
|||||
4.
|
Pengolahan
Data
|
|||||
5.
|
Analisis Data
|
|||||
6.
|
Pembuatan
Dokumen Laporan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar