Nama :
Nerissa Arviana
NPM :
35412288
Kelas : 3
ID 04
PROPOSAL PENELITIAN
“Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber
Belajar Oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Gunadarma”
1.
Latar
Belakang Masalah
Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan
kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh
faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan
mahasiswa. Kurikulum mempertegas bahwa
proses pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai
satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai
fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran.
Selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus,
sekarang ini berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan
keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat
mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan
dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya. Sejalan dengan
perkembangan internet, telah banyak aktivitas yang dilakukan dengan
memanfaatkan jaringan internet, seperti e-Commerce, e-Banking, e-Government,
e-Learning dan lainnya. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan proses
pembelajaran adalah e-Learning. E-Learning adalah wujud penerapan
teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. E-Learning merupakan
usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah
dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.
Bagi para pengajar, internet bermanfaat dalam mengembangkan profesinya,
karena dengan internet dapat : (a) meningkatkan pengetahuan, (b) berbagi sumber
diantara rekan sejawat, (c) bekerjasama dengan pengajar di luar negeri, (d)
kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung, (e) mengatur komunikasi
secara teratur, dan (f) berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun
internasional. Di samping itu para pengajar juga dapat memanfaatkan internet
sebagai sumber bahan mengajar dengan mengakses rencana pembelajaran atau
silabus online dengan metodologi baru, mengakses materi kuliah yang cocok untuk
mahasiswanya, serta dapat menyampaikan ide-idenya. Sementara itu mahasiswa juga
dapat menggunakan internet untuk belajar sendiri secara cepat, sehingga akan
meningkatkan dan memeperluas pengetahuan, belajar berinteraksi, dan
mengembangkan kemampuan dalam bidang penelitian. Identifikasi permasalahan yang
berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar, antara lain : optimalisasi
pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar, pemenuhan koleksi buku-buku
yang tersedia di perpustakaan, pemanfaatan internet sebagai sumber belajar,
serta pemanfaatan sumber daya lingkungan sebagai sumber belajar.
Harapan yang ingin didapatkan
melalui penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana mahasiswa prodi Teknik
Industri Universitas Gunadarma telah memanfaatkan teknologi internet sebagai
sumber belajar yang mendukung proses belajarnya di bangku kuliah. Bagi
mahasiswa, untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi internet sebagai
sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya. Bagi program studi, sebagai
bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program kerja yang berkaitan
dengan fasilitas sumber belajar. Bagi peneliti, sebagai dorongan untuk lebih
meningkatkan penguasaan teknologi informasi sehingga dapat memperbaiki
kemampuan dalam mengajar.
2.
Perumusan
Masalah
Untuk memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut
dirumuskan sebagai berikut :
1.
Apakah mahasiswa prodi Teknik Industri telah
memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
2.
Alasan apa yang memotivasi mahasiswa prodi Teknik
Industri memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
3.
Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat
mahasiswa prodi Teknik Industri untuk memanfaatkan internet sebagai sumber
belajar ?
3.
Tujuan
Penelitian
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui :
1.
Jumlah mahasiswa prodi Teknik Industri yang telah
memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
2.
Alasan yang memotivasi mahasiswa prodi Teknik Industri memanfaatkan
internet sebagai sumber belajar.
3.
Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa
prodi Teknik Industri memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
4.
Batasan
Penelitian
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan
pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran, namun dalam penelitian
ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar
oleh mahasiswa prodi Teknik Industri Teknologi Industri Universitas Gunadarma.
5. Metodologi Penelitian
Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei, yang dipakai untuk
tujuan eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang
pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa prodi Teknik
Industri FTI UG. Populasi dan wilayah generalisasi penelitian ini adalah
mahasiswa prodi Teknik Industri FTI UG yang meliputi mahasiswa angkatan 2010,
2011, dan 2012. Sampel penelitian diambil secara proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang terkumpul akan
dianalisis secara deskriptif dengan tabulasi dan persentase.
6. Rencana Waktu Penelitian
No.
|
Deskripsi Kegiatan
|
Bulan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Kajian
Literatur
|
|
|
|
|
|
2.
|
Membagi
Kuisioner
|
|
|
|
|
|
3.
|
Mengumpulkan
Kuisioner
|
|
|
|
|
|
4.
|
Pengolahan
Data
|
|
|
|
|
|
5.
|
Analisis Data
|
|
|
|
|
|
6.
|
Pembuatan
Dokumen Laporan
|
|
|
|
|
|
Daftar Pustaka
Anonim. (2005). Sekilas
Perkembangan Internet di Indonesia. www.jurnal-kopertis4.org.
diambil 15 Oktober 2014.
Arif
A Mangkoesapoetro. (2004). Pemanfaatan Media Massa Sebagai Sumber Pembelajaran
IPS Di Tingkat Persekolahan. (http://artikel.us/mangkoes6-04-2.html).
diambil 15 Oktober 2014.
Marsell Ruben Payong.
(2005). Good Bye Teacher. (www.kompas.com).
diambil 16 Oktober 2014.
Philip Rechdalle.(2005).
Internet dan Pendidikan. (www.pendidikan.net). Diambil 16 Oktober 2014.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar